Anggaran Perdana Buka Perjuangan Sablon

Akhir-akhir ini banyak yang bertanya kepada saya, baik melalui email, SMS, ataupun telepon pribadi ke no HP saya. Pertanyaannya bermacam-macam, dari jenis materi tertentu untuk desain kaos tertentu, harga bahan, harga kaos, sekedar tanya price list. Yang menggelitik bagi saya sehingga artikel ini ditulis ialah pertanyaan, "Kira-kira berapa anggaran/biaya yang diharapkan untuk membuka perjuangan sablon?"

Saya termangu sebentar sebelum menjawab pertanyaan semacam itu.

"Kalo nanya berapa anggarannya, itu tergantung seberapa besar skala perjuangan sablon yang akan kita dirikan."

"Kira-kira berapa ya, Pak Aries?" penelpon itu menanyakan lagi.

Saya kasih informasi.
"Kalo skala usahanya kecil, Rp 1 Juta-an udah cukup"

Memang Ada Standarnya?
Tidak ada, dan tidak akan pernah ada standar anggaran yang diharapkan untuk membuka perjuangan sablon.
Tergantung SKALA USAHA SABLON yang akan kita dirikan, dan JENIS USAHA SABLON APA yang akan kita lakukan. Maksudnya JENIS SABLON yaitu media apa yang akan kita kerjakan, apakah kertas, plastik, kartu nama, kaos, stiker, ataukah semuanya?

SKALA Kecil = Modal Kecil
JENIS USAHA monoton = Kebutuhan modal sedikit.

Nach, tinggal survey saja harga peralatan, bahan, meja sablon, dan sebagainya yang diharapkan dalam mengerjakan sablon. Mengenai peralatan lainnya yang diharapkan dapat dibaca pada artikel saya sebelumnya di MENGENAL PERALATAN MENYABLON.

Kemudian kalkulasi harga2 tersebut,
Beli peralatan dan materi yang dibutuhkan,
Pasang papan nama perjuangan sablon Anda,
Anda sudah membuka perjuangan sablon Anda.

Asal dengan catatan, kau sudah cukup paham dengan teknis sablon.

ORDER VIA CHAT

Produk : Anggaran Perdana Buka Perjuangan Sablon

Harga :

https://sashoki.blogspot.com/2018/02/anggaran-perdana-buka-perjuangan-sablon.html

ORDER VIA MARKETPLACE

Diskusi